terkinni.id – Raksasa hiburan Korea Selatan, HYBE (dipimpin Ketua Bang Si Hyuk), resmi meluncurkan anak perusahaannya di India dengan mendirikan HYBE India Entertainment Private Limited di Mumbai. Kehadiran kantor baru ini menjadikan India sebagai markas kelima HYBE di luar negeri setelah Jepang, Amerika Serikat, Amerika Latin, dan Tiongkok.
Berdiri di Mumbai, pusat industri film Bollywood dan seni kontemporer India, cabang baru ini membawa misi:
“Di mana suara India menjadi kisah global.”
Melalui visi tersebut, HYBE India berkomitmen untuk menemukan talenta lokal lewat audisi regional dan menghadirkan sistem pelatihan yang dirancang sesuai pasar India. Selain itu, HYBE juga akan mendukung aktivitas artis-artis dari HYBE Music Group yang memiliki basis penggemar di India.
Dengan populasi lebih dari 1,46 miliar jiwa, India kini menjadi negara berpenduduk terbesar di dunia sekaligus pasar musik yang tengah tumbuh pesat. Data Federasi Kamar Dagang & Industri India (FICCI) mencatat ada sekitar 185 juta pengguna streaming musik, peringkat kedua setelah Amerika Serikat.
Fenomena K-pop juga semakin menancapkan pengaruhnya. Berdasarkan laporan Korean Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE), streaming musik K-pop di India melonjak 362% sepanjang 2018–2023, didorong oleh maraknya penggunaan smartphone, penetrasi internet yang lebih luas, dan akses platform streaming global.
Peluncuran HYBE India menjadi bagian dari strategi “Multi-home, Multi-genre” yang digagas Bang Si Hyuk, yakni menghadirkan sistem produksi HYBE yang terlokalisasi di berbagai kawasan dengan beragam genre. Dengan dukungan ekosistem HYBE—mulai dari pelatihan artis, produksi musik, manajemen, pemasaran, hingga konser—HYBE India diharapkan bisa menjembatani pasar lokal dan global melalui bakat-bakat autentik dari India.


