terkinni.id – Perusahaan riset khusus kosmetik alami, Daehan Beauty Industry Promotion Institute, berpartisipasi dalam pameran ‘2025 Jakarta International Premium Products Fair’ atau JIPremium 2025 yang diadakan di Jakarta dan berhasil memperkuat posisinya sebagai jembatan untuk masuk ke pasar Asia Tenggara.
Daehan Beauty Industry Promotion Institute mengumumkan pada Kamis (18/9) bahwa mereka telah menandatangani perjanjian distribusi eksklusif dengan PT SMU (Sumber Mutu Utama), anak perusahaan dari Djarum Group, salah satu perusahaan besar terkemuka di Indonesia, dalam pameran tersebut. Melalui perjanjian ini, mereka berencana untuk memasok personalized ampoule selection melalui jaringan distribusi premium seperti klinik dan rumah sakit lokal. Pihak perusahaan menjelaskan bahwa setelah melalui proses pemantauan selama sekitar 18 bulan oleh anak perusahaan mereka, akhirnya tercapai kesepakatan akhir. Saat ini, merek ‘JEJUON’ dan ‘HAION’ sedang menjalani proses penilaian oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM).
SMU merupakan afiliasi dari Djarum Group, bersama dengan PT Global Digital Niaga yang mengoperasikan platform e-commerce ‘Blibli.com’ dan PT Supra Boga Lestari yang memiliki pasar premium ‘Ranch Market’. Blibli merupakan perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia, sedangkan Ranch Market merupakan saluran distribusi premium yang mengoperasikan lebih dari 70 toko di 11 kota.
Adapun produk yang paling menarik perhatian di pameran adalah ‘Hi-On Personalized Ampoule Selection 8 Varieties’. Bahan utama produk ini adalah ‘peptida alami’ yang dikembangkan melalui daur ulang (upcycling) ganggang Ulva australis—yang dianggap sebagai penyebab utama polusi lingkungan laut Jeju—dan kulit ikan flounder, yang memiliki pangsa budidaya tinggi di Korea. Teknologi ini disempurnakan melalui proyek penelitian dan pengembangan pemerintah selama tiga tahun. Makalah terkait pengembangan ini juga telah dipublikasikan di jurnal akademik nasional dan internasional. Selain itu, pencapaian penelitian ini telah diakui melalui penghargaan dari Menteri Perindustrian, Perdagangan, dan Energi serta Menteri UKM.
Ampoule Selection sendiri dinilai memenuhi kebutuhan fungsionalitas dan kenyamanan penggunaan sehingga mendapat respons positif dari salon kecantikan, klinik spesialis, dan rumah sakit. Pada bulan November mendatang, seminar untuk dokter kulit lokal di Indonesia juga telah direncanakan.
Kang Yu-an, Direktur Jenderal Institut Pengembangan Industri Kecantikan Korea, mengatakan, “Melalui partisipasi dalam pameran konsumen ini dan perjanjian distribusi eksklusif dengan SMU, kami akan mempercepat ekspansi ke pasar Asia Tenggara.” Ia menambahkan, “Kami akan memperkuat investasi R&D berkelanjutan dan manajemen ESG untuk meningkatkan daya saing merek, sekaligus secara aktif menyerap permintaan ODM yang memanfaatkan bahan alami dari Jeju.”


