terkinni.id – Pada hari Selasa (12/8), SK mengumumkan pengadaan Social Value Connect atau SOVAC 2025–representasi platform ekosistem nilai sosial. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus mendatang di COEX, Gangnam dengan membawa tema ‘Merancang Masa Depan yang Berkelanjutan’.

Diluncurkan pada tahun 2019 atas usulan Ketua SK Group, Choi Tae-won, SOVAC adalah sebuah acara yang mempertemukan para pakar ekosistem perusahaan sosial dan ventura sosial guna memecahkan masalah sosial serta untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat. Sejak tahun lalu, SOVAC telah mengambil peran dalam co-hosting acara Korea Social Value Festa yang diselenggarakan oleh Korea Chamber of Commerce and Industry (KCCI).
SOVAC tahun ini menyelenggarakan 14 sesi kuliah umum dan diskusi mengenai topik-topik seperti kemandirian lansia dalam aging society, pertumbuhan bersama antara pemuda dan komunitas lokal, serta revitalisasi keuangan sosial. Selain itu pembentukan SOVAC Flagship Session juga telah dilakukan oleh para pemimpin ekosistem nilai sosial dan pejabat pemerintah untuk membahas ekosistem di masa kini dan masa depan.

Untuk menyebarkan nilai sosial, partisipasi di antara generasi muda dan komunitas global juga ditingkatkan. SKT FLY Artificial Intelligence (AI) X SOVAC Challenger yang diselenggarakan untuk pertama kalinya tahun ini merupakan sebuah program di mana 66 mahasiswa memanfaatkan AI untuk menemukan solusi bagi masalah sosial seperti krisis iklim, penuaan penduduk, dan lapangan kerja bagi penyandang disabilitas.
Sesi global juga telah dijadwalkan untuk membahas kolaborasi dengan ekosistem perusahaan sosial dan investasi Jepang. Kedua negara akan mendiskusikan penguatan pertukaran dan solidaritas antara ekosistem nilai sosial Korea dan Jepang, pembinaan dan keterlibatan dalam startup, serta model kerja sama ekosistem antara pemangku kebijakan dan swasta.
Program pemecahan masalah sosial yang dapat dengan mudah diikuti oleh siapa saja juga dioperasikan. Di booth pasar dan penjualan, lebih dari 50 perusahaan sosial menjual produk kepada masyarakat umum dan menyumbangkan hasil penjualan kepada anak-anak yang kekurangan gizi melalui bazaar.

Sementara itu, di booth pameran dan promosi, lebih dari 110 perusahaan dan lembaga yang berupaya memecahkan masalah sosial berpartisipasi dengan membagikan konten dan hasil kegiatan yang berorientasi pada nilai sosial seperti penanganan krisis iklim, penguatan kesejahteraan daerah, peningkatan kualitas hidup lansia, serta peningkatan kesehatan mental dan psikologis.
Seorang representatif SOVAC mengatakan, “SOVAC akan terus berkembang dan berevolusi menjadi ajang festival di mana berbagai pemangku kepentingan yang berupaya menyebarkan nilai-nilai sosial dan menyelesaikan masalah sosial dapat berkomunikasi dan berkolaborasi.”