terkinni.id – Pada Selasa (9/12) (waktu setempat), majalah berita mingguan Amerika, TIME, mengumumkan bahwa mereka memilih “K-Pop Demon Hunters” sebagai ‘Breakthrough of the Year’ dan akan menempatkan karakter utama Rumi, Mira, dan Zoey di sampul edisi 29 Desember mendatang.

TIME mencatat bahwa pemutaran film “K-Pop Demon Hunters” dengan sesi karaoke di Brooklyn berhasil terjual habis hari demi hari dan bahwa animasi ini tidak hanya berhasil memikat hati anak-anak, tetapi juga para orang dewasa. Artikel tersebut juga mengatakan, “Sejak ‘Frozen’ yang dirilis pada tahun 2013, belum ada film animasi yang begitu melekat dalam kehidupan sehari-hari kita.”
TIME kemudian memuji lagu OST “Golden”, menyebutnya sebagai “lagu yang ceria namun adiktif,” dan mengatakan, “lagu ini melengkapi alur emosional film, menggabungkan detail Korea dengan visual yang hidup.”
Pada wawancara dengan TIME, EJAE selaku komposer lagu “Golden” sekaligus pengisi suara karakter Rumi mengatakan, “Dalam budaya perfeksionis Korea, pesan bahwa ‘ketidaksempurnaan juga indah’ memberikan resonansi yang mendalam bagi banyak penonton.”

TIME menyoroti bahwa kesuksesan “K-Pop Demon Hunters” dipengaruhi oleh penggabungan alami detail kehidupan sehari-hari seperti budaya makanan tradisional Korea, klinik herbal, dan pemandian umum, serta line up OST yang melibatkan produser K-Pop ternama, seperti Teddy dan Lindgren, serta menganalisis bahwa film ini berhasil menandai fase baru di mana K-Culture bergerak menuju arus utama konten global.
Lagu “Golden” pun terus mempertahankan popularitasnya dengan masuk ke Billboard Hot 100 selama 24 minggu berturut-turut dan mencatat lebih dari 80 miliar streaming kumulatif. Pada 27 November lalu, EJAE, Audrey Nuna, dan Rei Ami juga semakin membuktikan popularitas internasional “K-Pop Demon Hunters” dengan berpartisipasi dalam parade ‘Macy’s Thanksgiving’, acara tahunan terbesar di Amerika Serikat.


