terkinni.id – Pada hari Kamis (2/10), HYBE telah menandatangani MoU dengan Yayasan Museum Budaya Nasional dan Museum Nasional Korea dalam rangka berupaya meningkatkan nilai merek produk budaya Korea dan memperluas jangkauan ke pasar global. Upacara penandatanganan dihadiri oleh Ketua HYBE, Bang Si-hyuk; Direktur Jenderal Museum Nasional Korea, Yoo Hong-jun; dan Presiden Yayasan Museum Budaya Nasional, Jeong Yong-seok.
HYBE, Museum Nasional Korea, dan Yayasan Kebudayaan Museum Nasional berencana untuk berkolaborasi secara komprehensif, memanfaatkan keahlian masing-masing entitas. Misi utamanya antara lain meliputi pengembangan dan komersialisasi produk yang menggabungkan elemen desain merek ‘MU:DS’ milik Museum Nasional dengan kekayaan intelektual artis HYBE, kerja sama untuk memperluas ‘MU:DS’ ke pasar luar negeri menggunakan jaringan distribusi global HYBE, dan promosi koleksi serta konten museum.
Sebelumnya, HYBE dan ‘MU:DS’ telah berkolaborasi membuat merchandise resmi ‘Dalmajung’ tahun lalu. Produk ‘Dalmajung’ ini berhasil memadukan estetika tradisional Korea dengan nilai merek BTS yang kemudian menarik perhatian global. Desainnya terinspirasi oleh enam harta nasional yang tersimpan di Museum Nasional Korea, seperti Bodhisattva Pensive dan Guci Bulan Porselen Putih, dan dipadukan dalam produk-produk modern serta praktis seperti poster, gantungan kunci, dan aksesori.
Pada tahun 2020, BTS juga pernah merekam video pidato ucapan selamat dan penampilan untuk upacara wisuda virtual daring ‘Dear Class of 2020’ di Museum Nasional Korea, menandai awal hubungan mereka dengan institusi tersebut.

Ketua HYBE, Bang Si-hyuk, menyatakan, “Kami sangat senang dan merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Museum Nasional Korea, yang melambangkan sejarah dan identitas budaya Korea, serta Yayasan Kebudayaan Museum Nasional, yang terus berupaya meningkatkan value-nya. Kolaborasi ini sangat berarti bagi HYBE, yang bertujuan untuk meningkatkan status K-Culture di panggung global melalui musik, artis, dan konten. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mengenalkan kebanggaan budaya kami di seluruh dunia.”
Direktur Jenderal Museum Nasional Korea, Yoo Hong-jun, mengatakan, “Mempromosikan K-Culture secara global merupakan misi utama Museum Nasional Korea. Kolaborasi dengan HYBE ini akan menjadi kesempatan untuk menyampaikan keindahan warisan budaya Korea kepada dunia melalui perpaduan tradisi dan modernitas, serta memperluas cakrawala budaya Korea.” Ia menambahkan, “Kami berharap kolaborasi ini akan memungkinkan Museum Nasional Korea untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang dan memberikan pengalaman di mana budaya tradisional dapat hadir dalam nuansa modern.”
Presiden Yayasan Kebudayaan Museum Nasional, Jeong Yong-seok, juga mengatakan, “Sangatlah berarti dapat berbagi nilai budaya kita dengan dunia bersama HYBE, sebuah perusahaan Korea yang mewakili dunia, dan Museum Nasional Korea. Kami berharap kolaborasi ini dapat memungkinkan merek produk Museum Nasional, ‘MU:DS’, menjangkau lebih banyak orang di pasar global. Ke depannya, kami akan terus mempromosikan keindahan dan makna penting artefak kami, serta memastikan bahwa warisan budaya Korea dan K-Culture berkembang bersama, sehingga keduanya dapat memperkuat posisinya di kancah dunia.”


